Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Jigsaw berbantuan ChatGPT terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi kerucut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode kuasi eksperimen melalui desain Nonequivalent Control Group. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas IX, mengambil satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dan satu kelas sebagai kelas kontrol pembelajarannya dilakukan secara langsung yang di laksanakan di SMP Negeri 1 Waru Sidoarjo. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep yang diberikan kepada kedua kelas baik sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah perlakuan (post-test). Analisis data dilakukan melalui uji-t independen, dengan uji normalitas Shapiro-Wilk dan uji homogenitas Levene sebagai uji prasyarat untuk memastikan data memenuhi asumsi analisis. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 4,995 dengan taraf signifikansi 0,0005 yang lebih kecil daripada 0,05. Dengan kata lain, model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berbantuan ChatGPT terbukti memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa, khususnya pada materi kerucut.Kata Kunci: ChatGPT, Jigsaw, Pemahaman Konsep
Copyrights © 2025