Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul ajar matematika berbasis pendekatan deep learning yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri atas 32 siswa kelas IX-F SMP Negeri 1 Waru pada semester genap tahun ajaran 2025/2026. Instrumen meliputi lembar validasi, angket respons siswa, serta tes pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan modul ajar memiliki tingkat kevalidan tinggi dengan Aiken’s V sebesar 0,875 (sangat valid), kepraktisan sebesar 0,7023 (praktis), dan efektivitas tinggi dengan skor N-Gain 0,78. Uji Wilcoxon signed-rank menghasilkan p < 0,001 dengan ukuran efek 1,00. Pendekatan deep learning diterapkan melalui prinsip mindful, meaningful, dan joyful learning yang diwujudkan dalam pengalaman belajar memahami, mengaplikasi, dan merefleksi. Modul ajar ini juga mengintegrasikan delapan Profil Pelajar Pancasila. Dengan demikian, modul ajar berbasis deep learning ini terbukti valid, praktis, dan efektif meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Disarankan agar penelitian lanjutan mengembangkan modul ajar serupa dalam format digital agar lebih adaptif terhadap pembelajaran abad ke-21.Kata Kunci: kognitif, pembelajaran mendalam, hasil belajar, modul ajar
Copyrights © 2025