Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang ada di SMP IT Adzkia Padang belum memenuhi kebutuhan peserta didik dalam memahami konsep matematika secara menyeluruh dan mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi rasio dan proporsi yang valid untuk peserta didik fase D SMP IT Adzkia Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan Plomp. Proses validasi dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri atas dua ahli materi dan satu ahli media. Hasil uji validasi LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) mencapai skor 90,2%, yang termasuk dalam kategori sangat valid. Kevalidan ini dinilai berdasarkan beberapa aspek, yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian, bahasa, kegrafikan, tampilan, dan kemudahan penggunaan. Data tersebut menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL materi rasio dan proporsi Fase D SMP IT Adzkia Padang valid dan dapat digunakan oleh pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran.Kata Kunci: LKPD, Problem Based Learning
Copyrights © 2025