Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 6 (2025): In Progress

Pengembangan Model Pembelajaran High Scope Plan Do Review Berbasis Pendidikan Inklusif Authentic Instructional

Hasibuan, Rabitah Hanum (Unknown)
Ningsih, Arie Dwi (Unknown)
Yus, Anita (Unknown)
Daufiza, Asyifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menguji tingkat kevalidan, kepraktisan serta keefektifan model pembelajaran High Scope Plan Do Review berbasis Pendidikan Inklusif Authentic Instructional (HSBI). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metodologi development research dengan 5 tahap pengembangan dari Plomp (1997). Instrumen yang dikembangkan berupa lembar validasi model pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang divalidasi oleh ahli dan praktisi. Kebaharuan dari Penelitian ini terletak pada pengintegrasian prinsip Authentic Instructional ke dalam model High Scope berbasis inklusif Authentic Instructional. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran High Scope Plan Do Review berbasis Pendidikan Inklusif Authentic Instructional memenuhi kriteria valid baik dari segi isi dan konstruk, tingkat kepraktisan yang tinggi. Peneliti dapat jabarkan bahwa angka kevalidan (86,25%), kepraktisan (85,5%), dan efektivitas (N-gain 0,72). Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya supaya menguji lebih lanjut model pembelajaran High Scope Plan Do Review berbasis Pendidikan Inklusif Authentic Instructional dengan melibatkan responden dan cakupan materi lain, baik di tingkat Taman kanak kanak maupun Paud Sejenisnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...