Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pengembangan kemandirian anak usia dini. Kualitatif deskriptif merupakan metode penelitian ini. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan data dalam penelitian ini. Triangulasi model interaktif merupakan teknik analisis data yang digunakan adalah meliputi tiga hal diantaranya reduksi, menyajikan data, menarik kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di Raudhatul Athfal ‘Aisyiyah Karangan Balong Ponorogo.Hasil penelitian ini yaitu perencanaan pengembangan anak usia dini sesuai dengan STPPA kemudian disusun melalui RPPH yang dilaksanakan setiap hari selasa hingga hari kamis. Hasil evalusi didasarkan dari tiga kategori hasil evaluasi yaitu kategori kemampuan motorik, pengendalian emosi, dan kategori disiplin anak yang diukur dari kriteria penilaian BB (Belum Berkembang), MB (Mulai Bertkembang), BSH(Berkembang Sesuai Harapan), BSB (Berkembang Sangat Baik). Hasil menunjukkan bahwa ketiga kategori penilaian tersebut bahwa anak RA Aisyiyah Karangan Balong berada pada krietia penilaian BSH (Berkembang Sesuai Harapan).
Copyrights © 2025