Integrasi teori kognitivistik dalam pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) menjadi strategi efektif dalam membangun keterampilan abad ke-21 yang meliputi kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip-prinsip kognitivistik, seperti konstruksi pengetahuan, skemata, dan metakognisi, dalam konteks pembelajaran berbasis proyek di lingkungan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan menganalisis berbagai literatur terkait teori kognitivistik dan model PjBL. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi kedua pendekatan tersebut mampu mendorong peserta didik untuk aktif mengkonstruksi pengetahuan melalui pengalaman nyata, refleksi, dan kolaborasi. Selain itu, penerapan strategi pembelajaran berbasis proyek dengan landasan teori kognitivistik memperkuat peran guru sebagai fasilitator yang membimbing proses berpikir siswa secara mandiri dan bermakna. Dengan demikian, kombinasi antara teori kognitivistik dan pembelajaran berbasis proyek menjadi fondasi penting dalam menyiapkan peserta didik menghadapi tantangan global abad ke-21 melalui penguatan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS).
Copyrights © 2025