Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Terbit

IMPLEMENTASI READING ALOUD MELALUI PEMANFAATAN POJOK BACA DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DASAR: STUDI KUALITATIF

Chilmianida Ainis Syifa (Unknown)
Haryadi (Unknown)
Bernadus Wahyudi Joko Santoso (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Membaca Keras melalui pemanfaatan sudut baca untuk meningkatkan literasi membaca di kalangan siswa kelas dua di MIN Kudus. Latar belakang penelitian ini berasal dari pentingnya literasi membaca sebagai keterampilan dasar untuk keberhasilan akademik siswa di sekolah dasar, serta peran sudut baca dalam menciptakan lingkungan literasi yang menarik dan mudah diakses. Penelitian ini berusaha untuk menggambarkan penerapan kegiatan Membaca Keras melalui sudut baca dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas dua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa integrasi kegiatan Membaca Keras dengan sudut baca efektif meningkatkan keterampilan membaca, pengucapan, dan pemahaman siswa, sementara juga menumbuhkan minat dan kebiasaan membaca. Lebih lanjut, kegiatan ini mendukung keberhasilan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di lingkungan sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...