Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Membaca Keras melalui pemanfaatan sudut baca untuk meningkatkan literasi membaca di kalangan siswa kelas dua di MIN Kudus. Latar belakang penelitian ini berasal dari pentingnya literasi membaca sebagai keterampilan dasar untuk keberhasilan akademik siswa di sekolah dasar, serta peran sudut baca dalam menciptakan lingkungan literasi yang menarik dan mudah diakses. Penelitian ini berusaha untuk menggambarkan penerapan kegiatan Membaca Keras melalui sudut baca dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas dua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa integrasi kegiatan Membaca Keras dengan sudut baca efektif meningkatkan keterampilan membaca, pengucapan, dan pemahaman siswa, sementara juga menumbuhkan minat dan kebiasaan membaca. Lebih lanjut, kegiatan ini mendukung keberhasilan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di lingkungan sekolah.
Copyrights © 2025