Penelitian ini mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sibulue Kabupaten Bone. Masalah utama yang diangkat adalah rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia, yang memerlukan pemahaman mendalam terhadap penerapan kurikulum baru yang tekanan pembelajarannya terfokus pada siswa. Kurikulum Merdeka bertujuan menciptakan pelajar Pancasila yang mandiri, kreatif, dan berakhlak mulia, namun tantangan seperti kesiapan guru dan pemanfaatan teknologi masih menjadi tantangan. Penelitian ini penting untuk menganalisis bagaimana kurikulum ini diterapkan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, yang berperan penting dalam pengembangan kompetensi komunikasi siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, termasuk tahapan-tahapan yang dilakukan oleh guru di sekolah tersebut. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 2 Sibulue Kabupaten Bone. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap guru Bahasa Indonesia kelas VII dan VIII. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk memastikan validitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka telah diterapkan dengan baik melalui tiga tahapan utama: asesmen diagnostik, perencanaan, dan pelaksanaan pembelajaran. Guru menggunakan modul terbuka sebagai acuan utama, yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pembelajaran berpusat pada siswa, dengan guru sebagai fasilitator, mendorong keterlibatan aktif siswa melalui diskusi, proyek, dan presentasi. Namun tantangan yang muncul dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran dan kesalahpahaman siswa terhadap konsep “merdeka”, yang menyebabkan perilaku siswa kurang teratur. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Kurikulum Merdeka, sebagai referensi bagi pendidik dan institusi pendidikan.
Copyrights © 2025