Pembelajaran Seni Budaya berperan penting dalam mengembangkan kreativitas, apresiasi estetika, dan karakter siswa. Namun, hasil observasi menunjukkan masih ada siswa yang memperoleh nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan kurang termotivasi karena metode pembelajaran konvensional yang membuat mereka pasif. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa melalui penerapan metode Teams Games Tournament (TGT). Penelitian menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas Seni Budaya sekolah dasar, dengan instrumen tes hasil belajar, angket motivasi, lembar observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai siswa meningkat dari 85,37 (ketuntasan 88,9%) pada pra-siklus menjadi 89,59 (96,3%) pada siklus I, dan 92,52 (96,3%) pada siklus II. Selain peningkatan kognitif, motivasi, partisipasi, dan kerja sama siswa juga berkembang. Dengan demikian, TGT efektif meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada pembelajaran Seni Budaya
Copyrights © 2025