Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Terbit

PENGARUH MEDIA KARTU CERITA (STORY CARDS) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 37 MEDAN

Hutabarat, Marlina Maria Christin (Unknown)
Simaremare, Juni Agus (Unknown)
Sitohang, Tigor (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai berikut : Pertama untuk mengetahui hasil menulis cerpen sebelum menggunakan Kartu Cerita (Story Cards) siswa kelas IX SMP Negeri 37 Medan. Kedua untuk mengetahui hasil menulis cerpen sesudah menggunakan Kartu Cerita (Story Cards) siswa kelas IX SMP Negeri 37 medan Ketiga untuk mengetahui pengaruh media kartu cerita (Story Cards) terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 37 medan. Adapun metode yang digunakan penelitian ini adalah Kuantitatif dengan metode pre-eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest-Postest Design. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel random sampling yaitu kelas IXB berjumlah 32 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini meliputi : Pertama keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 37 medan sebelum (pretest) menggunakan kartu cerita (story cards) memperoleh nilai rata-rata 55,81 dengan kategori penilaian kurang (D) berada pada rentang 50-59. Kedua, keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 37 Medan sesudah (postest) menggunakan kartu cerita (story cards) memperoleh nilai rata-rata 70,56 dengan kategori penelian baik (B) berada pada rentang 70-84. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas menggunakan uji F, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji-t terdapat pengaruh media kartu cerita(story cards) terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 37 medan hal ini dibuktikan dengan thitung = 1,764 > ttabel = 1,6955. Pada taraf signifikkan 0,05 maka dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...