J-CEKI
Vol. 5 No. 1: Desember 2025

Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media CapCut terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 35 Medan

Fera Homer, Fransiska (Unknown)
Hutagalung, Trisnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menganalisis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tamiang Hulu serta mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan aplikasi CapCut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 30 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berbantuan CapCut mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menganalisis struktur, ciri kebahasaan, dan tujuan teks persuasi. Nilai rata-rata siswa mencapai kategori baik dengan peningkatan signifikan dibandingkan sebelum perlakuan. Hal ini membuktikan bahwa inovasi pembelajaran berbasis PBL dengan integrasi teknologi dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...