PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 4 No. 1 (2025): Desember

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika Di Kelas VIII

Pardosi, Esra Margaretha Br (Unknown)
Manik, Efron (Unknown)
Naibaho, Tutiarny (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Statistika kelas VIII. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 31 siswa yang diberi perlakuan dengan model PBL dan kelas kontrol berjumlah 28 siswa yang diajar dengan model konvensional. Instrumen penelitian berupa tes pemecahan masalah matematis berbentuk uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,73 (kategori tinggi), sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,32 (kategori sedang). Rata-rata nilai posttest siswa kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji-t menghasilkan nilai thitung = 13,858 > ttabel = 2,8 dengan sig. = 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan model PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, penerapan PBL dapat dijadikan alternatif yang efektif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pijar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran is a scientific journal published by CV Putra Publisher. This journal aims to accommodate research articles and community service in the field of education and learning. This journal can provide an overview of the development of science and technology in the ...