Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 3 (2025): Jurnal Ilmu Pendidikan

Evaluasi Kurikulum Merdeka Model Black Box Dalam Implementasi Program P5 Di SMP Kemala Bhayangkari Makassar

Azzahra, Marsyita (Unknown)
Iskandar, Ridwan Y (Unknown)
Azis , Indra (Unknown)
Faiqatunnisa, Faiqatunnisa (Unknown)
Presellia Arief, Putri (Unknown)
Almadani, Muh. Aldi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Evaluasi kurikulum merupakan elemen penting dalam proses pengembangan pendidikan untuk menentukan keefektifan kurikulum. Penelitian ini menggunakan model evaluasi Black Box (Goal Oriented Evaluation) yang difokuskan pada hasil pembelajaran di SMP Kemala Bhayangkari Makassar. Pendekatan kualitatif diterapkan untuk memahami implementasi Kurikulum Merdeka dibandingkan Kurikulum 2013. Hasil menunjukkan Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas kepada siswa, namun membutuhkan perbaikan dalam struktur evaluasi. Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) diapresiasi meskipun masih menghadapi tantangan. Rekomendasi mencakup peningkatan pelatihan guru, infrastruktur teknologi, dan keterlibatan orang tua untuk mendukung keberhasilan kurikulum.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan menyediakan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar. Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan ...