Pendaftaran siswa baru merupakan salah satu proses penting dalam penyelenggaraan pendidikan di tingkat sekolah menengah. Namun, seringkali sistem yang dibangun belum sepenuhnya memperhatikan aspek user experience (UX), sehingga menyebabkan pengguna mengalami kesulitan, kebingungan, atau ketidakpuasan saat menggunakan sistem tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain user experience pada sistem pendaftaran siswa baru di SMA PGRI dengan menggunakan metode User Centered Design (UCD) memiliki empat tahapan utama: memahami konteks penggunaan, menentukan kebutuhan pengguna dan organisasi, membuat desain solusi, dan mengevaluasi desain. Pendekatan UCD dipilih karena memberikan fokus utama pada kebutuhan, harapan, dan pengalaman pengguna selama proses perancangan dan pengembangan sistem.Pengujian usability juga membuktikan bahwa pengguna dapat menyelesaikan tugas pendaftaran dengan hasil pengujian UEQ sebesar 95,99 % dimana skor tersebut sudah meraih standar nilai sangat baik. Dengan demikian, penerapan pendekatan User Centered Design berkontribusi secara signifikan dalam menciptakan sistem pendaftaran yang tidak hanya berfungsi baik secara teknis, tetapi juga memberikan pengalaman yang positif dan menyenangkan bagi pengguna.
Copyrights © 2025