Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol 5 No 11 (2025): JPTI - November 2025

Desain User Experience Pada Sistem Pendaftaran Siswa Baru Dengan Metode User Centered Design (UCD) pada SMA PGRI

Galih Tumangkar, Agil Dharma (Unknown)
Ahmad, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2025

Abstract

Pendaftaran siswa baru merupakan salah satu proses penting dalam penyelenggaraan pendidikan di tingkat sekolah menengah. Namun, seringkali sistem yang dibangun belum sepenuhnya memperhatikan aspek user experience (UX), sehingga menyebabkan pengguna mengalami kesulitan, kebingungan, atau ketidakpuasan saat menggunakan sistem tersebut.  Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain user experience pada sistem pendaftaran siswa baru di SMA PGRI dengan menggunakan metode User Centered Design (UCD) memiliki empat tahapan utama: memahami konteks penggunaan, menentukan kebutuhan pengguna dan organisasi, membuat desain solusi, dan mengevaluasi desain. Pendekatan UCD dipilih karena memberikan fokus utama pada kebutuhan, harapan, dan pengalaman pengguna selama proses perancangan dan pengembangan sistem.Pengujian usability juga membuktikan bahwa pengguna dapat menyelesaikan tugas pendaftaran dengan hasil pengujian UEQ sebesar 95,99 % dimana skor tersebut sudah meraih standar nilai sangat baik. Dengan demikian, penerapan pendekatan User Centered Design berkontribusi secara signifikan dalam menciptakan sistem pendaftaran yang tidak hanya berfungsi baik secara teknis, tetapi juga memberikan pengalaman yang positif dan menyenangkan bagi pengguna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup ...