Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Islam Al-Qodiriyah Cibeber yang menyebabkan proses belajar menjadi pasif dan hasil belajar kurang optimal. Diperlukan model pembelajaran yang mendorong keterlibatan peserta didik secara aktif, salah satunya melalui metode Student Teams Achievement Division (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran STAD dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA Islam Al-Qodiriyah Cibeber. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode STAD mampu meningkatkan semangat belajar, tanggung jawab individu, serta kerja sama kelompok yang berdampak pada meningkatnya keaktifan peserta didik di kelas. Selain itu, guru juga lebih mudah mengelola pembelajaran secara efektif dan interaktif.Temuan ini menguatkan teori bahwa interaksi kelompok dan tanggung jawab individu berperan penting dalam membangun proses belajar yang aktif dan bermakna.Dengan demikian, hasil penelitian metode STAD ini dapat menjadi rujukan dalam merancang strategi pembelajaran PAI yang lebih partisipatif dan sesuai kebutuhan peserta didik.
Copyrights © 2025