Peningkatan kemampuan berpikir reflektif siswa menjadi kebutuhan mendesak di tengah rendahnya capaian literasi matematika Indonesia pada survei PISA 2022. Kondisi ini menuntut adanya inovasi pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada hasil, tetapi juga pada proses berpikir siswa secara mendalam. Penelitian ini merupakan Systematic Literature Review (SLR) dengan tujuan untuk menganalisis penerapan LKPD dengan integrasi pendekatan STEM dalam pengembangan kompetensi berpikir reflektif siswa. Menggunakan metode PRISMA, sebanyak 141 artikel yang terbit antara tahun 2020–2025 ditinjau, dan 12 artikel terpilih memenuhi kriteria inklusi yang ditetapkan untuk dianalisis lebih lanjut. Temuan penelitian membuktikan bahwa LKPD dengan pendekatan STEM dapat meningkatkan kompetensi berpikir reflektif, berpikir kritis, siswa, serta memperkuat literasi. Kegiatan pembelajaran yang menekankan eksplorasi, eksperimen, dan pemecahan masalah kontekstual mendorong kesadaran metakognitif dan refleksi diri siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar desain LKPD dengan pendekatan STEM mengintegrasikan unsur refleksi secara eksplisit untuk memperkuat kemandirian belajar dan karakter ilmiah siswa dalam menghadapi tantangan abad ke-21.
Copyrights © 2025