Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

TINJAUAN SISTEMATIS PENERAPAN LKPD DENGAN PENDEKATAN STEM DALAM PERSPEKTIF: KOMPETENSI BERPIKIR REFLEKTIF

Khairunnisa, Nasywa Mufthia (Unknown)
Aziz, Abdul (Unknown)
Sulistyaningsih, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2025

Abstract

Peningkatan kemampuan berpikir reflektif siswa menjadi kebutuhan mendesak di tengah rendahnya capaian literasi matematika Indonesia pada survei PISA 2022. Kondisi ini menuntut adanya inovasi pembelajaran yang tidak hanya berfokus pada hasil, tetapi juga pada proses berpikir siswa secara mendalam. Penelitian ini merupakan Systematic Literature Review (SLR) dengan tujuan untuk menganalisis penerapan LKPD dengan integrasi pendekatan STEM dalam pengembangan kompetensi berpikir reflektif siswa. Menggunakan metode PRISMA, sebanyak 141 artikel yang terbit antara tahun 2020–2025 ditinjau, dan 12 artikel terpilih memenuhi kriteria inklusi yang ditetapkan untuk dianalisis lebih lanjut. Temuan penelitian membuktikan bahwa LKPD dengan pendekatan STEM dapat meningkatkan kompetensi berpikir reflektif, berpikir kritis, siswa, serta memperkuat literasi. Kegiatan pembelajaran yang menekankan eksplorasi, eksperimen, dan pemecahan masalah kontekstual mendorong kesadaran metakognitif dan refleksi diri siswa. Penelitian ini merekomendasikan agar desain LKPD dengan pendekatan STEM mengintegrasikan unsur refleksi secara eksplisit untuk memperkuat kemandirian belajar dan karakter ilmiah siswa dalam menghadapi tantangan abad ke-21.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...