Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An
Vol 5 No 3 (2025): NOVEMBER 2025

PENGARUH MODEL SETS BERBANTUAN HIDE AND SEEK PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Tarigan, Nuke Pebriani (Unknown)
Manurung, Imelda Free Unita (Unknown)
Zainuddin, Zainuddin (Unknown)
Halimatussakdiah, Halimatussakdiah (Unknown)
Ananda, Lala Jelita (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, and Society) berbantuan media Hide and Seek Puzzle terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 040447 Kabanjahe. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPAS siswa akibat kurangnya variasi model pembelajaran serta minimnya penggunaan media pembelajaran yang menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model SETS berbantuan media Hide and Seek Puzzle, serta kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penggunaan model pembelajaran SETS yang dipadukan dengan media Hide and Seek Puzzle mampu meningkatkan hasil belajar IPAS, terutama pada materi “Energi dan Perubahannya”. Model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan daya ingat, motivasi, serta minat belajar siswa melalui pembelajaran yang bermakna, kontekstual, dan menyenangkan. Dengan demikian, model SETS berbantuan media Hide and Seek Puzzle dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primed

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal PRIMED:Primary Education Journal atau Jurnal Ke-SD An merupakan sebuah jurnal yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam bidang ilmu sekolah dasar, inovasi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, inovasi pembelajaran, dan manajemen pembelajaran. ...