Penelitian ini menggunakan cara Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terbagi menjadi dua bagian. Setiap bagian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Target yang diteliti adalah 20 siswa kelas IV di MI Al-Barokah Tanggul, dengan terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui cara pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan penilaian hasil belajar siswa. Pengolahan data dilakukan dengan pendekatan kualitatif yakni dengan mengurangi, menyajikan, dan menarik kesimpulan serta kuantitatif deskriptif dengan cara menghitung rata-rata nilai siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan lingkungan sekitar untuk belajar IPA dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Ini terlihat dari peningkatan rata-rata nilai siswa dari tahap pertama ke tahap kedua, ditambah dengan meningkatnya aktifitas, semangat, dan sikap positif terhadap pembelajaran IPA. Siswa menjadi lebih sering bertanya, memperhatikan, dan berdiskusi, sedangkan guru merasakan suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan relevan. Maka, penggunaan lingkungan sekitar terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan ilmiah siswa kelas IV di MI Al-Barokah Tanggul.
Copyrights © 2025