Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol. 8 No. 4 (2025): Volume 8 Nomor 4 Tahun 2025

Dampak Integrasi STEAM Pada Proses Belajar Matematika Terhadap Criticall Thinking Skill

Jumalia, Jumalia (Unknown)
Mulbar, Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2025

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut pelajar menguasai berbagai kompetensi inti, termasuk critical thinking skill sebagai respon terhadap percepatan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun, pada tahun 2022 hasil dari Program for International Student Assessment (PISA) menunjukkan bahwa critical thinking skill matematis pelajar di Indonesia masih berada pada level rendah. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan pendekatan pembelajaran inovatif yang mampu memfasilitasi pengembangan keterampilan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji penerapan integrasi STEAM (Science, Tehcnology, Engineering, Arts dan Mathematics) pada bidang matematika serta pengaruhnya dalam meningkatkan critical thinking skill pelajar. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik analisis deskriptif melalui kajian pustaka dengan cara mengumpulkan kajian dari berbagai sumber seperti skripsi, tesis, dan jurnal. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis STEAM mendorong pelajar untuk menganalisis permasalahan kontekstual, merancang solusi kreatif, berkolaborasi dan bagaimana berkomunikasi secara efektif. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa pendekatan ini memiliki hasil yang positif dan memiliki signifikansi yang baik dalam meningkatkan critical thinking skill di berbagai jenjang pendidikan di Indonesia. Integrasi STEAM direkomendasikan sebagai salah satu strategi dalam peningkatan critical thinking skill, pemahaman konsep, komunikasi matematis serta kolaborasi pelajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

proximal

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Proximal publishes research results, literature studies, and scientific papers on mathematics and mathematics education. Published scientific studies include Mathematics Teaching, Development of Mathematics Education, Mathematical Sciences, Applied Mathematics, Actuarial Mathematics, and related ...