Bersatu: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika
Vol. 3 No. 6 (2025): November: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika

Internalisasi Pribadi dan Berpikir Kritis melalui Permainan Tradisional pada Siswa Sekolah Dasar

susanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2025

Abstract

Menanamkan nilai-nilai karakter dan keterampilan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar merupakan fokus penting dalam pembelajaran abad ke-21. Salah satu pendekatan kontekstual yang dapat dimanfaatkan adalah melalui permainan tradisional, yang kaya akan unsur-unsur pendidikan, kolaboratif, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau berbagai literatur yang membahas peran permainan tradisional dalam menginternalisasi nilai-nilai karakter dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur sistematis dari artikel nasional dan internasional yang relevan selama sepuluh tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan tradisional berkontribusi positif terhadap pembentukan nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, kerja sama, dan sportivitas. Selain itu, kegiatan dalam permainan yang melibatkan pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan strategi tim dapat merangsang keterampilan berpikir kritis pada anak-anak sejak usia dini. Penelitian ini merekomendasikan pengintegrasian permainan tradisional ke dalam kurikulum sekolah dasar sebagai alat pembelajaran berbasis budaya yang efektif untuk secara bersamaan membentuk karakter dan kemampuan kognitif siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bersatu

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

uang lingkup karya yang diterbitkan jurnal ini termasuk sub rumpun Ilmu Pendidikan Ilmu Sosial, Bahasa dan Sastra, Olahraga dan Kesehatan, Matematika dan MIPA, Teknologi dan Kejuruaan, Ilmu Pendidikan dan ...