Jurnal Masyarakat Madani Indonesia
Vol. 4 No. 4 (2025): November

Pelatihan Strategi Digital Marketing berbasis Community- Based Learning untuk meningkatkan daya Saing Kemplang Bakar Harun di Palembang

Surahmat, Surahmat (Unknown)
Rahman, Arif (Unknown)
Riana, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk Kemplang Bakar Harun di Palembang melalui pelatihan strategi digital marketing berbasis pendekatan Community-Based Learning (CBL). Permasalahan yang dihadapi mitra meliputi distribusi produk yang terbatas, minimnya promosi digital, pencatatan keuangan manual, serta belum adanya pelatihan terkait manajemen usaha dan pemasaran. Kegiatan dilaksanakan melalui lima tahapan: sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, dan evaluasi dengan peserta sebanyak 10 oramg. Materi pelatihan mencakup manajemen usaha mikro dan strategi digital marketing, seperti penggunaan media sosial, marketplace, dan aplikasi pencatatan keuangan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan mitra dalam mengelola usaha secara digital dan profesional sebesar 40%  berdasarkan hasil post test yang dilakukan. Pendekatan CBL terbukti efektif dalam mendorong partisipasi aktif dan penerapan langsung oleh mitra. Program ini diharapkan memberikan dampak berkelanjutan bagi pengembangan usaha dan pemberdayaan UMKM lokal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus pada penelitian dan program keterlibatan akademisi-komunitas untuk memajukan teori, penelitian, dan praktik yang berguna bagi masyarakat. Selain mengenal semua istilah filosofis di lapangan, yaitu community engagement, development, empowerment, dan service, kami juga menyambut ...