Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 7 No. 3 (2025): BUDIMAS : Jurnal Pengabdian Masyarakat

PENDAMPINGAN BAHASA ARAB BAGI MAHASISWA MA’HAD IBNU ZUBAIR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI DALAM BERKOMUNIKASI

Nanda Febrian (Unknown)
Kustati, Martin (Unknown)
Gusmirawati, Gusmirawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2025

Abstract

Penguasaan bahasa Arab merupakan kompetensi esensial bagi mahasiswa di lembaga pendidikan Islam, karena menjadi pintu utama dalam memahami Al-Qur’an, hadis, dan khazanah keilmuan Islam. Namun, sebagian mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam kemampuan berkomunikasi secara aktif. Kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi komunikasi bahasa Arab mahasiswa Ma’had Ibnu Zubair melalui penerapan pendekatan service learning yang memadukan proses pembelajaran akademik dengan aktivitas pelayanan sosial dan refleksi kritis. Tahapan pelaksanaan meliputi: identifikasi kebutuhan dan pemetaan kemampuan awal mahasiswa, (2 perancangan dan implementasi kegiatan pendampingan berbasis praktik komunikasi, serta evaluasi hasil melalui observasi, wawancara, dan tes performatif. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada penguasaan kosakata, struktur kalimat, serta keberanian mahasiswa dalam berbicara bahasa Arab. Selain itu, mahasiswa menunjukkan peningkatan kesadaran sosial dan tanggung jawab akademik melalui keterlibatan aktif dalam kegiatan berbasis bahasa Arab di lingkungan Ma’had. Pendekatan service learning terbukti efektif dalam mengembangkan kompetensi komunikatif sekaligus menumbuhkan nilai pengabdian dan kolaborasi dalam konteks pendidikan Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JAIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat BUDIMAS diterbitkan 2 (dua) kali setahun (April dan Oktober) oleh LPPM STIE AAS. Terbit pertama pada bulan Oktober 2019. BUDIMAS memuat hasil pengabdian kepada masyarakat dalam segala bidang. Editor mengundang para akademisi dan praktisi terkait (Perguruan Tinggi, ...