Penelitian ini akan menunjukkan tentang Bagaimana analisis peran digitalisasi perbankan (BBS Mobile) serta tantangan BBS Mobile dalam meningkatkan minat nasabah pada tabungan barokah di Bank BPRS Sumekar KCP Saronggi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologis. Sumber data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa hadirnya BBS Mobile membantu nasabah dalam melakukan transaksi, namun tidak memberikan pengaruh besar minat nasabah dalam menggunakan BBS Mobile. Nasabah mendapatkan pelayanan lebih cepat dan tidak berbelit-belit serta lebih responsif dalam menanggapi setiap keluhan dan masalah yang dihadapi oleh nasabah. Layanan BBS mobile terbukti dapat mempengaruhi minat nasabah ialah ditunjukkan dengan persentase peningkatan jumlah nasabah tabungan barokah pada tahun 2022 sebesar 3% dibandingkan tahun 2021. Akan tetapi ada faktor yang menjadi hambatan bagi nasabah Tabungan Barokah terutama pada saat terjadinya masalah pada server di tengah-tengah transaksi sehingga uang tidak bisa keluar dari mesin ATM sedangkan saldo rekening berkurang)Kata Kunci : Digitalisasi Perbankan, BBS Mobile, BPRS Bhakti Sumekar
Copyrights © 2025