Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Bioterdidik

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI TUMBUHAN

Dwi Puspitayani (Universitas Lampung)
Tri Jalmo (Unknown)
Rini Rita T. Marpaung (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2017

Abstract

This research aimed was to describe students misconception on Photosynthesis and Plant Respiration and factors that were affected students misconception on 8th grade student in Seputih Agung district. The research samples were 339 student that were selected by purposive sampling and using descriptive design. Data were obtained from misconception test and questionnaire. Data analyzed with Certainty of Response Index while questionnaire were analyzed by Pearson Product Moment Correlation test. Study result showed that percentage of students with higher percentage on misconception were 56,61% that including medium criteria. The most misconception experienced by students were photosynthesis and respiration concept that was 58,22%. Study result of Pearson Product Moment Correlation test showed that the factors that affected student misconceptions in this research were students motivation and learning method.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa pada konsep fotosintesis dan respirasi tumbuhan serta faktor yang berpengaruh terhadap miskonsepsi siswa SMP Kelas VIII se- Kecamatan Seputih Agung. Sampel penelitian terdiri dari 339 siswa dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes miskonsepsi dan angket. Data dianalisis dengan Certainty of Response Index (CRI) sedangkan angket dianalisis dengan menggunakan uji korelasi pearson. Hasil data menunjukkan tingkat pemahaman konsep siswa pada materi Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan memiliki persentase terbesar pada kategori miskonsepsi yaitu 56,61% dengan kriteria sedang. Miskonsepsi paling banyak dialami siswa pada konsep fotosintesis dan respirasi tumbuhan sebesar 58,22 dengan kriteria sedang. Hasil uji korelasi pearson menunjukkan faktor yang mempengaruhi miskonsepsi siswa pada penelitian ini adalah motivasi siswa dan metode pembelajaran.Kata kunci: Certainty of Response Index (CRI), fotosintesis, miskonsepsi, respirasi

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...