Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) dengan berbantuan aplikasi Canva pada materi aljabar kelas VII di SMP Negeri 1 Parindu terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall yang meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Parindu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan “sangat valid” dengan persentase kevalidan media sebesar 87,03% dan kevalidan materi sebesar 85,66%. Tingkat kepraktisan berada pada kategori “sangat praktis” dengan hasil angket respon guru sebesar 92,94% dan respon siswa sebesar 89,01%. Tingkat keefektifan produk berada pada kategori “efektif berdasarkan nilai ketuntasan kriteria minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah, sehingga diperoleh persentase keefektifan sebesar 76,92%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis HOTS berbantuan Canva layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Copyrights © 2025