Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 6, No 1 (2018): Jurnal Bioterdidik

Hambatan Guru IPA Kelas VII dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013-revisi Se-Kotamadya Bandar Lampung

Eka Fitrianingsih (Unknown)
Arwin Achmad (Unknown)
Rini Rita T. Marpaung (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2018

Abstract

This study aims to describe the problems of science teachers of class VII on implementing K13-revision. Sampling used purposive sampling technique. Types of research used was descriptive research, data were obtained from questionnaire and interview, then analyzed descriptively. The results showed that the implementation of K13-revision in the academic year 2016/2017 in Bandar Lampung Municipality of five aspects, aspects that indicated the obstacles were(1) learning text (2) process and implementation of learning that has a percentage of 30%. Both of these aspects had the category of "quite inhibiting". There are three aspects that according to science teachers do not had obstacles, that were (1) lesson planning; (2) the process and implementation of the assessment; and (3) information.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hambatan guru IPA kelas VII dalam mengimplementasikan K13-revisi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif. Data penelitian diperoleh dari angket dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan K13-revisi di tahun ajaran 2016/2017 di Kotamadya Bandar Lampung dari lima aspek, aspek yang menunjukkan hambatan yaitu pada aspek teks pembelajaran juga aspek proses dan pelaksanaan pembelajaran yang memiliki persentase sebesar 30%. Kedua aspek tersebut masuk dalam kategori cukup menghambat. Tiga aspek yang menurut guru IPA tidak mengalami hambatan, yaitu : aspek (1) perencanaan pembelajaran; (2) proses dan pelaksanaan penilaian; dan (3) informasi.Kata Kunci : guru IPA, hambatan, implementasi, K13-revisi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...