Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 1, No 2 (2025): Juli 2025

Pendampingan Pembuatan Video Promosi Wisata Alam Madapangga Sebagai Strategi Branding Pariwisata Lokal Berkelanjutan

Rahmawan, Ardi (Unknown)
Muslimin, Muslimin (Unknown)
Haris, A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Desa Ndano Kecamatan Madapangga merupakan salah satu desa dari sebelas desa yang ada di Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Dompu. Banyaknya obyek wisata sehingga membuat wisatawan atau orang-orang kesusahan untuk mengetahui objek wisata madapangga, Berdasarkan hasil pengamatan penulis, wisata alam madapangga masih susah untuk dicari, Video Promosi Berbasis Motion Graphics ditujukan untuk promosi yang cukup bagus dengan durasi singkat, dibuat dalam konteks yang berisi dan padat, mudah dimengerti dan merangkum seluruh isi informasi yang akan ditayangkan. Dalam Rancangan Video Promosi wisata menggunakan Metode pengembangan multimedia Luther Sutopo. Adapun tahapannya adalah Konsep (Concept), Perancangan (Design), Pengumpulan bahan (Material collecting), Pembuatan (Assembly), Uji Coba (Testing), Distribusi (Distribution). Hasil atau keluaran yang akan dicapai yaitu dihasilkannya Video Promosi Wisata Alam Madapangga yang dikemas dalam media penyimpanan  DVD/CD dan media sosial seperti  blogspot, facebook dan youtube. Kesimpulan yang dapat diambil dari pembuatan Rancangan Video promosi wisata madapangga berbasis Motion Graphics dapat disimpulkan bahwa Telah dibuat sebuah Rancangan Video Promosi Wisata  Alam Madapangga menggunakan Adobe Affetr Effect Cc 2015, Video Promosi Wisata  alam Madapangga dapat membantu pengguna untuk mendapatkan informasi Wisata  alam Madapangga.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPPMA

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal ini memuat tulisan dari hasil Pengabdian dan Pemberdayaan kepada Masyarakat baik berupa hasil dari pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat Produktif (UMKM, PT dan lain-lain), maupun Non-Produktif (Sekolah, Komunitas, Organisasi profesi dan lain-lain). Jurnal ini diterbitkan 2 kali dalam ...