Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dengan memanfaatkan pendekatan pembelajaran yang menekankan pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Leksula, Kabupaten Buru Selatan, dengan 25 siswa kelas VII, terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan, selama tahun ajaran 2022/2023. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan metodologi yang digunakan, dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data meliputi tes untuk menilai hasil belajar dan daftar periksa observasi untuk memantau keterlibatan siswa. Analisis meliputi perhitungan nilai rata-rata dan penentuan jumlah siswa yang memenuhi Nilai Kelulusan Minimal (KKM) 65. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada awalnya, hanya 36% siswa yang lulus pada tes pertama. Setelah penerapan pendekatan pembelajaran kolaboratif pada siklus pertama, tingkat kelulusan meningkat menjadi 52%. Pada siklus kedua, tingkat kelulusan meningkat lagi menjadi 92%, dengan 23 siswa berhasil menyelesaikan mata kuliah tersebut. Siswa berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok, merasa lebih percaya diri dalam mengungkapkan gagasan, dan menunjukkan pemahaman yang lebih baik terhadap materi pelajaran ketika pendekatan pembelajaran kolaboratif diterapkan. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kolaboratif secara efektif meningkatkan prestasi siswa dalam mata pelajaran Kewarganegaraan di SMP Negeri 5 Leksula.
Copyrights © 2023