AJIE (Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship)
Volume 03, Issue 02, May 2018

REPRESENTASI IDENTITAS PEREMPUAN DALAM VIDEO BLOG SEBAGAI BUDAYA ANAK MUDA (STUDI SEMIOTIKA VLOG GITASAV DI YOUTUBE)

Ratna Permata Sari (Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2018

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi komunikasi di dekade terakhir ini terlihat dari peningkatan jumlah pengguna internet di seluruh dunia. Dibandingkan dengan platform media sosial lain, Youtube menjadi media sosial yang paling populer di kalangan anak muda. Vlog (video blog) buatan Gita Savitri menjadi objek penelitian dalam artikel ini dikarenakan keragaman konten vlog, tidak hanya tentang kuliner, make up dan fashion seperti halnya kebanyakan vlogger wanita, namun juga membahas kehidupan di Jerman, segmen opini yang membahas tentang fenomena yang terjadi saat ini. Artikel ini membahas tentang representasi identitas perempuan dalam vlog serta dikaitkan dengan konsep budaya anak muda. Metode penelitian ini adalah semiotika dengan menganalisis korpus-korpus dalam vlog Gitasav. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ditemukan tiga jenis identitas antara lain identitas budaya, identitas sosial dan identitas pribadi yang lekat dengan budaya anak muda

Copyrights © 2018