Media Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 2 (2021)

Pengaruh model AIR dan TTW terhadap kemampuan representasi siswa SMP di Kota Singkawang

Sari, Sari (Unknown)
Husna, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Abstract: Model pembelajaran adalah kerangka kerja yang memberikan gambaran sistematis untuk melaksanakan pembelajaran agar membantu belajar siswa dalam tujuan tertentu yang ingin dicapai. Dua diantara model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran Auditory IntellectuallyRepetition (AIR) dan model pembelajaran Think Talk Write (TTW).  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan pengaruh antara model AIR dan TTW terhadap kemampuan representasi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Singkawang.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desainquasi-eksperimental menggunakan rancangan non-equivalent posttest-only control group design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Singkawang, yaitu pada siswa kelas VIII C sebagai kelas ekperimen 1 (menggunakan Model AIR) yang berjumlah 21 siswa dan VIII D yang sebagai kelas ekperimen 2 (menggunakan Model TTW) yang berjumlah 25 siswa, yang dipilih dari 4 kelas dengan purposive sampling.Instrumen yang digunakan yaitu soal kemampuan representasi matematis dan lembar onservasi aktivitas belajar siswa. Analisis data menggunakan pengujian Effect-Sizedan hipotesis komparasi dua sampel independent. Hasil dari penelitian ini adalah (1) model pembelajaran pembelajaran AIR memberikan pengaruh yang lebih baik dari pada model TTW terhadap kemampuan representasi matematis dengan besar pengaruh 0,98 (kategori besar); (2) Aktivitas belajar selama menggunakan model pembelajaran AIR lebih baik dari pada model pembelajaran TTW.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Media Pendidikan Matematika (MPM) focuses on publishing articles related to research results as well as the results of literature studies on mathematics education. This type of research can be in the form of classroom action research, experiments, qualitative research or other research. ...