Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
Vol. 9 No. 2 (2025): JPKK

Ruang Inklusif Terbatas?: Vinautism Art Galllery dan Dinamikanya dalam Mengakomodasi Ekspresi Individu Autis

Azzahra, Tania (Unknown)
Suharto, Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2025

Abstract

Studi ini mengeksplorasi peran Galeri Seni Vinautism (VAG) sebagai ruang inklusif yang mendukung ekspresi artistik individu penyandang autisme. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan empat informan, observasi langsung, dan dokumentasi kegiatan operasional galeri selama tiga bulan penelitian yang berlangsung di Surabaya, Indonesia, pada Maret hingga Mei 2024. Temuan penelitian menunjukkan bahwa VAG tidak hanya berfungsi sebagai wadah kreatif, tetapi juga sebagai ruang terapi non-medis, pusat pembelajaran, dan platform pemberdayaan sosial serta ekonomi bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Metode pengajaran yang bersifat personal dan adaptif memungkinkan setiap peserta untuk menyalurkan emosi dan mengembangkan potensi artistiknya. Keterlibatan aktif keluarga dan masyarakat juga memperkuat dukungan sosial yang berkelanjutan dalam ekosistem galeri. VAG berhasil membangun persepsi positif publik terhadap individu autis melalui pameran dan program edukasi rutin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan peluang yang dihadapi dalam menciptakan ruang seni inklusif bagi individu autis dan memberikan kontribusi empiris dalam pengembangan praktik ruang seni inklusif di Indonesia. Temuan ini menegaskan pentingnya ruang seni inklusif sebagai bagian integral dari sistem pendukung bagi individu penyandang autisme dan memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi inklusi sosial yang lebih manusiawi dan berkelanjutan melalui seni.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpkk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun (bulan April dan November). Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus ...