Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Lingkungan Sekolah, Pendidikan Karakter dan Kinerja Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Harapan Mulya Kendal. Metode Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuisioner kepada siswa dan siswi di SMK Harapan Mulya Kendal. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 525 siswa. Metode pengumpulan sampel menggunakan Teori Slovin dengan minimal responden 84 dan menurut fraenkel dan wallen (1990) minimal 100 responden menggunakan teknik non probability sampling yaitu teknik random sampling.Total sampel penelitian adalah 124 responden. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis regresi berganda yang diolah menggunakan SPSS versi 26. Hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa variabel lingkungan sekolah, pendidikan karakter dan kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2023