Dalam penelitian ini, bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran project based learning (PjBL) materi seni dekoratif taplak meja terhadap hasil belajar muatan seni budaya kelas 4 SD Al islam pengkol Jepara. Penggunaan model pembelajaran project based learning adalah kebutuhan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran seni budaya. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design. Pendekatan dalam penelitian ini Pretest-Postest, siswa diberikan kesempatan untuk belajar secara langsung melalui pengalaman, yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan minat mereka terhadap materi seni dekoratif, khususnya taplak meja. Selama proses pembelajaran, siswa berada dalam kelompok kecil untuk bekerja sama dalam menyelesaikan proyek taplak meja. Pendekatan ini tidak hanya mengajarkan keterampilan seni, tetapi juga mengembangkan keterampilan kolaboratif dan komunikasi antar anggota kelompok. Hasilnya, siswa lebih terlibat dan bersemangat dalam proses belajar, yang tercermin dalam produk akhir yang dihasilkan. Analisis data menunjukkan bahwa siswa dalam kelompok PjBL memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dalam tes hasil belajar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam materi seni budaya. Sebagian besar siswa melaporkan bahwa mereka merasa lebih percaya diri terhadap kemampuan seni mereka dan lebih antusias untuk belajar di masa depan. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dalam materi seni dekoratif taplak meja di kelas 4 efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, pemahaman konsep, dan motivasi.
Copyrights © 2025