Konteks penelitian dalam penelitian ini adalah pentingnya pendidikan karakter yang dibentuk sedari dini. Era modernisasi saat ini, krisis moral banyak terjadi di kalangan pelajar. Melalui budaya sekolah, kita dapat mewujudkan nilai pendidikan karakter bangsa. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui implementasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di MI Salafiyah Kertoharjo, dan mendeskripsikan evaluasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di MI Salafiyah Kertoharjo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III A dan VI A. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil analisis angket menunjukkan penguatan pendidikan karakter berjalan dengan baik dengan presentase peserta didik kelas III A sebanyak 27 peserta didik dengan hasil presentase tertinggi yaitu 96%, sedangkan hasil analisis angket kelas VI A yaitu terdapat 14 peserta didik yang mampu mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dengan baik dengan hasil presentase 95%. Penelitian ini menunjukan bahwa nilai karakter yang di implementasikan melalui budaya sekolah yaitu religius, mandiri, kedisiplinan, peduli lingkungan, cinta tanah air dan tanggung jawab. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan adalah guru diharapkan dapat membimbing dan memberi motivasi kepada peserta didik dengan cara memberikan contoh nyata yang baik, sehingga peserta didik dapat termotivasi menjadi pelajar yang berkarakter.
Copyrights © 2025