Indonesian Journal of Elementary School
Vol 5, No 2 (2025): November 2025

Keefektifan Media Flash Card Bagi Kompetensi Penulisan Aksara Jawa Dasar Siswa Kelas III SD Negeri 4 Tunggak Kabupaten Grobogan

Arifah, Nurul (Unknown)
Suyitno, Suyitno (Unknown)
Cahyadi, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media flash card bagi kompetensi penulisan aksara Jawa dasar siswa kelas III SD Negeri 4 Tunggak Kabupaten Grobogan melalui hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan flash card. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas III tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal. Uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media flash card (thitung = 12,318 ttabel = 1,699). Hasil uji Gain sebesar 0,795 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media flash card efektif digunakan dalam pembelajaran penulisan aksara Jawa dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan ...