Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media flash card bagi kompetensi penulisan aksara Jawa dasar siswa kelas III SD Negeri 4 Tunggak Kabupaten Grobogan melalui hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan flash card. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas III tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal. Uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media flash card (thitung = 12,318 ttabel = 1,699). Hasil uji Gain sebesar 0,795 yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media flash card efektif digunakan dalam pembelajaran penulisan aksara Jawa dasar.
Copyrights © 2025