Indonesian Journal of Elementary School
Vol 5, No 2 (2025): November 2025

ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI GOTONG ROYONG DAN BERNALAR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI BABALAN KABUPATEN PATI

Kurniawati, Selvi Tirta (Unknown)
Sundari, Riris Setyo (Unknown)
Cahyadi, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan profil pelajar pancasila dimensi gotong royong dan bernalar kritis dalam pembelajaran matematika di SD Negeri Babalan Kabupaten Pati. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh dari peserta didik kelas IV dan guru kelas. Uji keabsahan dara menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, dan member cek. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penenelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa guru telah menerapkan profil pelajar pancasila dimensi gotong royong dan bernalar kritis di SD Negeri Babalan dalam pembelajaran matematika. Penerapan profil pelajar pancasila dimensi gotong royong dalam pembelajaran matematika di SD Negeri Babalan dapat dicerminkan melalui kemampuan peserta didik yang dalam melakukan kegiatan berkelompok dalam pembelajaran matematika dengan baik. Penerapan profil pelajar pancasila dimensi bernalar kritis dalam pembelajaran matematika dimensi bernalar kritis dapat dicerminkan melalui kemampuan peserta didik dalam penugasan, baik dikerjakan secara individu maupun kelompok pembelajaran matematika dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan ...