Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis flipbook untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV di SDN Ngemplak Simongan 01. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research Development) dengan model pengembangan 4-D (Four D Models) milik Thiagarajan et al. (1976) meliputi define, design, develop, dan dessiminate. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket. Dari hasil data menunjukkan bahwa media pengembangan berbasis flipbook memenuhi kriteria kevalidan oleh ahli media memperoleh angka sebesar 97% dan materi memperoleh angka sebesar 98,3%. Uji coba produk melalui hasil angket tanggapan peserta didik memperoleh presentasi angka sebesar 100%, dan hasil kelayakan media melalui penilaian respon guru diperoleh angka sebesar 98,3%. Perolehan mendapatkan hasil 13,00 dengan uji hipotesis taraf signifikan 0,05 (5%) dengan derajat koefisien (dk = 27) menunjukkan nilai 2,052. Dari hasil perolehan nilai  atau 13,00 2,052sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran berbasis flipbook dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Bab II "Di Bawah Atap" dinyatakan dinyatakan valid, efektif, dan layak untuk digunakan.
Copyrights © 2025