Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 14 No. 2 (2025)

Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Android dengan pendekatan kontekstual

Jamilah, Jamilah (Unknown)
Sulistiowati, Dwi Laila (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Android melalui pemanfaatan iSpring Suite, dengan pendekatan kontekstual pada topik barisan dan deret aritmatika. Media yang dikembangkan diharapkan memenuhi tiga aspek utama, yaitu validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development), dengan mengadaptasi model 4D yang mencakup tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini melibatkan 23 peserta didik dari kelas X TKJ 2 di SMKS PGRI 1 Labuhan Ratu. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar validasi dari para ahli, angket tanggapan siswa, serta dokumentasi pelaksanaan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media tergolong sangat valid dengan skor rata-rata sebesar 93,45%, terdiri dari 93,33% oleh ahli materi dan 93,57% oleh ahli media. Kepraktisan media tercermin dari respons siswa yang mencapai rata-rata 98,06%, yang masuk dalam kategori sangat praktis. Dari sisi efektivitas, analisis menunjukkan nilai N-Gain sebesar 70,7%, yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar secara signifikan. Berdasarkan temuan tersebut, media pembelajaran yang dikembangkan layak diterapkan dalam proses pembelajaran matematika karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

primatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika discusses problem in mathematics education realm such as problems in teaching and learning of mathematics or methodological problems in the field of research in mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and ...