JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Hubungan Tingkat Pengetahuan Orangtua tentang Gizi Seimbang dengan Status Gizi Anak di TK Alkhairaat Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu

Musdalifah, Musdalifah (Unknown)
Rammang, Sisilia (Unknown)
Rahman, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2025

Abstract

Anak sekolah salah satu populasi yang paling rentan dalam hal gizi yaitu kekurangan dan kelebihan gizi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan tingkat pengetahuan orang tua tentang gizi seimbang dengan status gizi anak di Tk Alkhairaat Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan observasi analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang tua (ibu) dan siswa di Tk Alkhairaat Tondo yang berjumlah 32 orangtua dan 32 siswa, dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Hasil penelitian dari 32 orang tua (ibu) dan 32 siswa sebagian besar responden,pengetahuan baik dengan status gizi baik (normal) (100%) , pengetahuan baik dengan status gizi kurang (wasted) (18%), pengetahuan baik dengan status gizi obesitas  (obeses) (40%) sedangkan responden pengetahuan kurang dengan status gizi kurang (wasted) (82%) dan pengetahuan kurang dengan status gizi obesitas (obeses) (60%)  hasil uji chi square (p value < 0,05). Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan orang tua tentang gizi seimbang dengan status gizi anak di Tk Alkhairaat Tondo Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Bagi instansi tempat meneliti diharapkan dengan bekerja samanya pihak sekolah dengan puskesmas untuk melakukan pemeriksaan untuk mengetahui status gizi anak secara rutin dan memberikan laporan perkembangan gizi anak kepada orang tuanya agar mereka dapat memantau kesehatan anaknya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...