Pentingnya pemahaman konseptual penjumlahan anak usia dini harus disadari oleh para pendidik. Penelitian ini diadakan pada anak usia lima sampai enam tahun di TK B Jakarta Utara. Latar belakang dilakukannya penelitian menggunakan hasil yang didapat dari observasi pendahuluan dimana diketahui bahwa perkembangan konseptual penjumlahan anak usia 5-6 tahun di kelas TK B ini, yang berjumlah 15 anak, masih rendah. Peneliti berupaya untuk meningkatkan perkembangan konseptual penjumlahan dalam pelajaran number bond dengan menggunakan metode Concrete-Pictorial-Abstract (CPA). Penelitian Tindakan Kelas dilakukan sebanyak dua siklus. Metode observasi digunakan dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CPA secara signifikan berhasil meningkatkan perkembangan konseptual penjumlahan siswa. Pada siklus pertama, terjadi peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa terhadap konsep penjumlahan setelah menggunakan pendekatan CPA. Pada siklus kedua, peningkatan ini semakin meningkat dengan adanya penguatan melalui penggunaan manipulatif konkret dan representasi visual yang baik dan tepat. Dapat disimpulkan bahwa metode CPA efektif dalam meningkatkan perkembangan konseptual penjumlahan pada pembelajaran number bond. Guru direkomendasikan untuk mengimplementasikan metode CPA secara konsisten, menggunakan manipulatif konkret dan representasi visual yang tepat, serta memberikan peluang siswa untuk berlatih secara aktif dalam memahami konsep penjumlahan.
Copyrights © 2025