JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Upaya Meningkatkan Perkembangan Konseptual Penjumlahan dalam Pelajaran Number Bond melalui Metode Concrete-Pictorial-Abstract

Meliana, Meliana (Unknown)
Gayatri, Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2025

Abstract

Pentingnya pemahaman konseptual penjumlahan anak usia dini harus disadari oleh para pendidik. Penelitian ini diadakan pada anak usia lima sampai enam tahun di TK B Jakarta Utara. Latar belakang dilakukannya penelitian menggunakan hasil yang didapat dari observasi pendahuluan dimana diketahui bahwa perkembangan konseptual penjumlahan anak usia 5-6 tahun di kelas TK B ini, yang berjumlah 15 anak, masih rendah. Peneliti berupaya untuk meningkatkan perkembangan konseptual penjumlahan dalam pelajaran number bond dengan menggunakan metode Concrete-Pictorial-Abstract (CPA). Penelitian Tindakan Kelas dilakukan sebanyak dua siklus. Metode observasi digunakan dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode CPA secara signifikan berhasil meningkatkan perkembangan konseptual penjumlahan siswa. Pada siklus pertama, terjadi peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa terhadap konsep penjumlahan setelah menggunakan pendekatan CPA. Pada siklus kedua, peningkatan ini semakin meningkat dengan adanya penguatan melalui penggunaan manipulatif konkret dan representasi visual yang baik dan tepat. Dapat disimpulkan bahwa metode CPA efektif dalam meningkatkan perkembangan konseptual penjumlahan pada pembelajaran number bond. Guru direkomendasikan untuk mengimplementasikan metode CPA secara konsisten, menggunakan manipulatif konkret dan representasi visual yang tepat, serta memberikan peluang siswa untuk berlatih secara aktif dalam memahami konsep penjumlahan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...