Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat konversi pengunjung menjadi pembeli pada Toko Divagaya di marketplace Shopee Kota Surakarta. Fokus penelitian diarahkan untuk mengetahui sejauh mana pengunjung yang datang ke toko online dapat berubah menjadi pembeli, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi rendahnya tingkat konversi penjualan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data sekunder yang diperoleh dari laporan performa toko di platform Shopee periode Januari–Maret 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat konversi penjualan Toko Divagaya masih relatif rendah, dengan rata-rata konversi pesanan dibuat sebesar 1,61% dan pesanan dibayar sebesar 1,40%. Data juga menunjukkan adanya fluktuasi tingkat konversi setiap bulan, di mana Maret menjadi bulan dengan konversi tertinggi. Perbedaan antara jumlah pesanan dibuat dan pesanan dibayar menunjukkan adanya hambatan di tahap akhir transaksi, seperti biaya pengiriman, ketersediaan stok, serta metode pembayaran. Selain itu, meskipun strategi pemasaran digital yang digunakan sudah mampu menarik trafik pengunjung tinggi, konversi penjualan belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan strategi penguatan pada tahap akhir proses penjualan, peningkatan loyalitas pelanggan, serta optimalisasi fitur promosi Shopee untuk mendorong peningkatan tingkat konversi dan pelanggan kembali.
Copyrights © 2025