Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan perkembangan kognitif anak melalui media puzzle dan untuk mengetahui pengaruh penerapan aplikasi puzzle terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK PAUD Percontohan Kab. Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Metode dalam penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan Treatment By Subjects Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. penggunaan media puzzle. Hasil ini berarti bahwa penggunaan media puzzle dapat membantu untuk menstimulus perkembangan kognitif anak, terutama pada perkembangan pemecahan masalah anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi puzzle berbasis Android memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Peningkatan terlihat jelas pada aspek pemecahan masalah, logika, dan memori.
Copyrights © 2025