Variable Research Journal
Vol. 2 No. 01 (2025): JANUARI 2025

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 21 BULUKUMBA

Riswan, Riswan (Unknown)
Zulhajji, Zulhajji (Unknown)
Zain, Satria Gunawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Studi ini dilakukan dengan tujuan menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi media sosial terhadap pencapaian akademik siswa di SMP Negeri 21 Bulukumba. Studi ini menggunakan metode ex-post facto melalui pendekatan kuantitatif. Sebanyak 60 siswa dari kelas VIII dan IX dipilih sebagai sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen, wawancara, serta kuesioner. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan aplikasi media sosial berdampak signifikan kepada prestasi belajar siswa. Nilai koefisien regresi 0,076 mengindikasikan bahwa setiap kenaikan dalam penggunaan media sosial berkontribusi pada peningkatan prestasi belajar sebesar 0,076 poin. Nilai koefisien korelasi 0,214 menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berkontribusi sebesar 21,4% terhadap prestasi belajar siswa, sedangkan 78,6% lainnya dipengaruhi dari variabel lain yang tidak diikutsertakan pada studi ini. Pengaruh tersebut bersifat positif, namun penggunaannya perlu diawasi agar tidak berlebihan dan tidak mengganggu proses belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

VRJ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

This journal is dedicated to exploring and disseminating the results of various creative and innovative thoughts based on scientific research and thought processes. This journal focuses on: Humanities: Arts, History, Languages, Literature, Music, Philosophy, Religion, Theatre, etc. Social Sciences: ...