Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif learning dengan menggunakan media pembelajaran diorama di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Peneliti melaksanakan PTK IPA dalam sklus I karena hasil belajar peserta didik sangat baik. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDK Detumbawa, yang berjumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif yang dipadukan dengan media diorama mampu meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi. Terjadi peningkatan rata-rata nilai hasil belajar sebelum tindakan sebesar 63,5% menjadi 85,33% sesudah tindakan. Dengan demikian, penerapan pembelajaran kooperatif menggunakan media diorama efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar.
Copyrights © 2025