Variable Research Journal
Vol. 2 No. 03 (2025): JULI 2025

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDK DETUMBAWA KELAS 5

Abdullah, Adi Neneng (Unknown)
Dhae, Valentina Antonia (Unknown)
Bhaya, Maria Clarita (Unknown)
Salsabila, Salsabila (Unknown)
Demu, Fransiskus Yogan (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif learning dengan menggunakan media pembelajaran diorama di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Peneliti  melaksanakan PTK IPA dalam sklus I karena hasil belajar peserta didik sangat baik. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDK Detumbawa, yang berjumlah 20 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif yang dipadukan dengan media diorama mampu meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi. Terjadi peningkatan rata-rata nilai hasil belajar sebelum tindakan  sebesar 63,5% menjadi  85,33% sesudah tindakan. Dengan demikian, penerapan pembelajaran kooperatif menggunakan media diorama efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

VRJ

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

This journal is dedicated to exploring and disseminating the results of various creative and innovative thoughts based on scientific research and thought processes. This journal focuses on: Humanities: Arts, History, Languages, Literature, Music, Philosophy, Religion, Theatre, etc. Social Sciences: ...