MAXIMAL
Vol 3 No 2 (2025): Desember

Pengaruh Penggunaan Smart TV sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi dan Partisipasi Belajar Siswa di MTs Quranic Scientia FTK UIN Imam Bonjol Padang pada Era Digital

Laisa Husraini (Unknown)
Duwi Damayanti (Unknown)
Natalia Natalia (Unknown)
Gusmaneli Gusmaneli (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2025

Abstract

Pemanfaatan teknologi digital dalam pendidikan memberikan peluang untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penggunaan Smart TV sebagai media pembelajaran terpadu terhadap motivasi dan partisipasi belajar siswa di MTs Quranic Scientia FTK UIN Imam Bonjol Padang pada era digital. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Data dikumpulkan melalui observasi konten digital yang terdapat pada akun Instagram dan kanal YouTube resmi sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Smart TV mampu menyajikan materi pembelajaran secara interaktif, visual, dan kontekstual, sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa dan mendorong partisipasi aktif dalam berbagai aktivitas pembelajaran. Integrasi nilai pendidikan Islam melalui media ini juga memperkuat internalisasi karakter dan nilai-nilai keagamaan. Implikasi pemanfaatan Smart TV menunjukkan potensi media digital untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif, kolaboratif, dan relevan dengan kebutuhan generasi digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

MAKSI

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance

Description

MAXIMAL JOURNAL is accepts manuscripts of research results and study results that bring up scientific and actual ideas in the fields of Social, Political, Law, Economics, Culture, Technology, and Education both in Indonesian and ...