Tujuan Penelitian ini untuk menghasilkan produk buku ajar mata kuliah pendidikan Pancasila dengan pendekatan Quantum Learning. Model pengembangan yang dianut adalah model 4D yang terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate.Tahap define merupakan analisis kebutuhan untuk kepentingan penyusunan draft awal buku ajar; tahap design merupakan pemilihan format dan penyusunan desain awal buku ajar; tahap develop berisi tahap validasi buku ajar, revisi tahap 1, uji perorangan dan kelompok kecil, revisi tahap 2, dan uji pada kelas yang nyata melalui Penelitian Tindakan Kelas. Variabel yang akan diteliti peningkatannya adalah peningkatan civic skill pada mahasiswa. PTK dilaksanakan selama satu semester yang dibagi menjadi dua siklus. Proses pelaporan hasil penelitian dilaksanakan setelah tahap PTK dan analisis data selesai. Berdasarkan hasil analisis didapatkan hasil (1) Pengembangan bahan ajar mata kuliah pendidikan Pancasila dengan menggunakan Pendekatan Quantum Learning (Quantum Learning Approach) untuk meningkatkan civic skill pada mahasiswa prodi pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Insan Budi Utomo Malang mengalami peningkatan. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 78.2 termasuk dalam kategori baik. Siklus II, diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 84.2 termasuk dalam kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 6%.
Copyrights © 2024