RANGGUK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2024): RANGGUK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Edutainment : Pembelajaran Matematika Menyenangkan Melalui Video Game di SMPN 3 Kota Sungai Penuh

Handican, Rhomiy (Unknown)
Laswadi, Laswadi (Unknown)
raymond, maiza (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2024

Abstract

Pendidikan matematika seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan oleh banyak siswa. Oleh karena itu, penting untuk mencari pendekatan yang lebih menarik dan efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran matematika. Salah satu metode yang dapat diterapkan adalah edutainment, yaitu penggabungan antara pendidikan dan hiburan yang dapat membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Artikel ini mengkaji penerapan edutainment dalam pembelajaran matematika melalui video game di SMPN 3 Kota Sungai Penuh. Tujuan utama dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran matematika dengan memanfaatkan video game edukatif yang dirancang khusus. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan kepada guru dan implementasi permainan berbasis teknologi yang mengintegrasikan konsep-konsep matematika dalam bentuk yang menarik dan mudah dipahami. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa merasa lebih termotivasi dan tertarik untuk belajar matematika setelah menggunakan video game sebagai media pembelajaran. Selain itu, mereka juga menunjukkan peningkatan dalam pemahaman konsep-konsep matematika dasar. Melalui penggabungan unsur hiburan dalam pembelajaran, diharapkan proses belajar matematika dapat lebih menyenankan, efektif, dan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Kegiatan ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di SMPN 3 Kota Sungai Penuh dan menjadi model yang dapat diterapkan di sekolah-sekolah lainnya.

Copyrights © 2024