Pendidikan Pancasila menghadapi tantangan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, khususnya dalam menyampaikan nilai-nilai Pancasila secara efektif. Penelitian ini menyelidiki dampak pengintegrasian pembelajaran mendalam adaptif terhadap peningkatan kompetensi guru madrasah di Kecamatan Undaan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan Structural Equation Modeling (SEM), penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara inovasi pembelajaran, teknologi pembelajaran mendalam, dan dukungan infrastruktur digital. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pembelajaran mendalam secara signifikan meningkatkan kompetensi pedagogik guru (β = 0,72, p < 0,001). Inovasi pembelajaran Pancasila memberikan kontribusi positif (β = 0,65, p < 0,01), dan dukungan infrastruktur digital memperkuat efektivitas pembelajaran mendalam (p < 0,05). Hasil ini menegaskan bahwa teknologi adaptif dapat mempercepat transformasi pedagogik dan meningkatkan efektivitas pengajaran Pancasila. Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan strategi pengajaran berbasis teknologi dalam pendidikan karakter dan menawarkan rekomendasi bagi para pembuat kebijakan untuk memperkuat ekosistem digital dalam pendidikan. Penelitian lebih lanjut dianjurkan untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang penerapan pembelajaran mendalam dalam pengajaran dan menilai efektivitasnya di berbagai tingkat pendidikan.
Copyrights © 2025