Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode sosiodrama terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 101040 Aek Sigama. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa kelas III yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan metode sosiodrama pada materi Bahasa Indonesia. Data dikumpulkan melalui observasi, pretest, dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik parametrik (Paired Sample T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode sosiodrama termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata X yaitu 50. Selain itu, terdapat peningkatan keterampilan berbicara siswa setelah penerapan metode sosiodrama, terbukti dari nilai rata-rata Y pretest sebesar 38,10 meningkat menjadi 46,70 pada posttest. Uji hipotesis menunjukkan perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest dengan nilai t tabel pretest sebesar 1.72208 posttest sebesar 89505. Sedangkan t hitung prestest sebesar 5,763 dan posttest sebesar 0,500. Kesimpulannya, metode sosiodrama berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 101040 Aek Sigama.
Copyrights © 2025