Haumeni Journal of Education
Vol 5 No 3 (2025): Edisi Desember 2025

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Aplikasi Wondershare Filmora Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP N 14 Takari

Lanny, Irene Imanuela (Unknown)
Garak, Siprianus Suban (Unknown)
Samo, Damianus Dao (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2025

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah berbantuan aplikasi wondershare filmora pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP Negeri 14 Takari yang valid, efektif dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D) yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (Analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evalution (Evaluasi). Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif.Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kevalidan RPP sebesar 95,92%, kevalidan Bahan Ajar 97,5%, kevalidan Media ajar 93,3%, kevalidan LKPD 94,5% yang berarti perangkat tersebut telah valid dan layak digunakan. Perangkat yang dihasilkan praktis karena lembar penilaian kepraktisan oleh guru berada pada kategori sangat baik. Perangkat juga memenuhi kriteria keefektifan yang meliputi aktivitas siswa, respon siswa dan hasil belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

haumeni

Publisher

Subject

Education

Description

Haumeni Journal of Education adalah jurnal ilmiah dalam bidang pendidikan yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana, Kupang, NTT. Ruang lingkup jurnal ini adalah penelitian pendidikan yakni inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, ...